Memilih bahasa pemrograman untuk pemula

Dari sekian banyak orang yang tertarik untuk belajar programming tak jarang bingung harus mulai dari mana dan bahasa pemrograman apa yang bagus dipelajari bagi pemula, tidak terkecuali saya sebagai orang yang berminat dan ingin belajar programming. Cukup lama saya mencoba googling dan mencari tahu tentang apa saja bahasa pemrograman yang baik dipelajari oleh pemula seperti saya, tentunya saya tidak bermaksud untuk mengasumsikan bahwa pemrograman tertentu tidak bagus tapi hanya ingin tahu tentang bahasa pemrograman yang lainnya.

Banyak sekali artikel yang saya baca tentang belajar programing bagi pemula, dan saya menelaah sebuah artikel tentang memilih bahasa pemrograman untuk pemula.
Didalam artikel itu menjelaskan tentang hal yang paling perlu dipahami terlebih dahulu adalah konsep pemrograman, jangan fokus terhadap bahasanya karena bahasa pemrograman merupakan sebuah alat untuk memecahkan persoalan dengan menggunakan program.

Yang perlu dipelajari adalah bagaimana permasalahan bisa diselesaikan dengan merancang alur program (flowchart maupun algoritma) lalu menerapkannya ke baris-baris program.

Hal yang juga penting dalam memilih bahasa pemrograman adalah dukungan multiple-flatform, dapat dijalankan diberbagai sistem operasi.

Artikel ini hanya merupakan sebagai saran saja, karena belajar programming dengan bahasa ataupun kompiler manapun semuanya bagus jika dipelajari dengan sungguh-sungguh karena sebuah program dibuat berdasarkan keperluan, dan setiap bahasa pemrograman manapun mempunyai kelebihan masing-masing jadi tidak bisa dibanding-bandingkan yang penting kita harus sungguh-sungguh dalam mempelajarinya

4 komentar:

  1. Saya kesulitan algoritma menggunakan pascal, karena mungkin sudah ketergantungan menggunakan Vb.

    Adakah solusi mengerti logika (numerik) dari pascal secara baik?

    BalasHapus
  2. kalo dari pascal saya belum tau, kalo dari C++ saya siap belajar bareng!

    BalasHapus
  3. sekarang saya siap belajar pascal, dengan pascal kita bener2 melatih logika kita

    BalasHapus
  4. saya juga kurang paham jat.....

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan kasih komentar...