Sekilas tentang jejaring sosial

Awalnya saya ingin memberi judul postingan ini dengan Dampak Negatif Jejaring Sosial tapi setelah dipikir-pikir rasanya saya kira kurang bijak kalau memandang hal ini hanya dari segi negatifnya saja karena jejaring sosial itu tak bisa disangkal memberi hal yang positif yang sesuai dengan tujuannya, mugkin bagi yang terbiasa atau sudah ikut menggunakan jejaring sosial pernah membaca salah satu kalimat yang ada disalah satu situs jejaring sosial yang lagi booming saat ini yaitu facebook kalau tidak salah kalimatnya seperti ini " facebook membantu anda terhubung dengan orang-orang dan bla....bla....bla... seterusnya.

Dari kalimat tersebut kita dapat mengetahui bahwa tujuan dari jejaring sosial tersebut mempunyai nilai yang positif.

Namun kenapa saat ini terjadi berbagai kejahatan dengan menggunakan fasilitas jejaring tersebut, Contohnya kasus penculikan seorang gadis dibawah umur yang bermula dari jejaring sosial, apakah jejaring sosialnya yang harus disalahkan atau penggunanya yang memang tidak bertanggung jawab.

Nah... disini kita harus benar-benar menyadari bahwa kita harus bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk hal yang positif dan tidak merugikan orang atau pihak lain. Sebenarnya ada hal lain yang perlu disorot dan dicontoh dengan adanya jejaring sosial tersebut, memang kebanyakan orang di buat malas dengan adanya jejaring sosial tersebut tapi tidakkah kita melihat orang-orang yang menggunakan fasilitas jejaring sosial tersebut untuk hal-hal yang positif misalkan bersilaturahmi dengan sahabat,sanak family atau bahkan dengan orang yang belum dikenal guna menambah relasi untuk bisnis serta memperbanyak teman, biarpun memang mengurangi kualitas silaturahmi tersebut namun itu lebih baik daripada tidak menjalin silaturahmi sama sekali.

Disalah satu media pernah ada sebuah berita tentang seorang tukang becak yang menggunakan fasilitas jejaring sosial untuk menarik dan mencari pelanggan dan itu cukup berhasil, orang yang mempromosikan barang atau jasa dengan menggunakan jejaring sosial dan sebagainya (Tentunya yang tidak melanggar norma dan hukum yang ada). Tidakkah kita menyadari untuk menggunakan fasilitas ini untuk hal yang positif saja.

Dari tulisan yang tidak berbobot ini dapat disimpulkan bahwa dampak positif ataupun negatifnya tergantung si penggunanya.
Mohon maaf jika ada kesalahan, mohon kritik dan sarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan kasih komentar...