Jaringan Warnet

Saat ini warnet (warung internet) sudah menjamur dimana-mana seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat sehingga bisnis ini merupakan bisnis yang cukup strategis.
Sebenarnya saya sering sekali menggunakan jasa warnet namun tidak begitu mengerti dengan teknologi jaringannya sehingga suatu waktu saya memberanikan diri untuk bertanya-tanya kepada si Pemilik usaha warnet yang juga merupakan seorang yang ahli dalam bidang jaringan.

Saya hanya sempat ngobrol beberapa menit dengan pemilik warnet tersebut namun di waktu yang sebentar itu saya cukup menikmati perbincangan dan mendapat pengetahuan tentang jaringan biarpun hanya sedikit. Ok langsung saja pada intinya daripada keburu basi.....

Di warnet tentu saja kita tahu apa saja yang bisa kita cicipi (ha...ha...ha... kayak makanan aja pake di cicipi segala). Nah, maksud yang bisa dicicipi disini yaitu jasa utama yang disediakan oleh warnet yaitu diantaranya browsing dan Game online.

Gimana sih jaringan warnet itu...?

Ok kita langsung saja lihat gambarannya terlebih dahulu di bawah ini :
Setiap PC terhubung ke switch (termasuk server) dan masing-masing mempunyai satu port, dari switch kemudian dihubungkan ke Router, modem lalu kepemancar. Namun di warnet yang saya tunjukkan ini dari router dan modem sebenarnya tidak langsung ke pemancar melainkan dari router, modem terus keluarnya menggunakan media kabel yang disebut kabel modem yang numpang pada tiang listrik.

SERVER
Setelah bertanya pada narasumber (pemilih warnet tersebut) tentang Server, beliau menjelaskan bahwa server itu ada bermacam-macam, tidak seperti apa yang saya bayangkan sebagai orang yang masih o-on (he..he.. ngaku duluan ah dari pada disebut o-on ma orang laen duluan) yang mengira server itu ya itu-itu saja alias bentuk dan fungsinya sama semua.
Server itu ternyata bermacam-macam, misalnya proxy server, server billing dan lain-lain.
Nah yang berada digambar atas itu sang Nara sumber menyebutnya sebagai server billing.

Dibawah ini gambar Server billing, modem dan router yang dipakai diwarnet yang saya tinjau tersebut :



1 komentar:

  1. sip.....

    Tapi jat, fungsi manageableswitch itu gimana?

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan kasih komentar...