Sekilas Tentang Jaringan Komputer

Definisi : Dari banyaknya artikel-artikel yang saya baca tentang definisi jaringan komputer, maka saya mencoba menyimpulkan pengertian jaringan komputer sebagai berikut:

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer serta perangkat-perangkat pendukung lainnya yang saling terhubung dalam suatu kesatuan dengan menggunakan media, media tersebut dapat berupa kabel ataupun nirkabel sehingga pengguna jaringan tersebut dapat saling bertukar informasi seperti file atau data. Dengan adanya jaringan tersebut sipengguna dapat juga melakukan pencetakan dengan menggunakan sebuah Printer yang sama dan juga bisa bersama-sama menggunakan perangkat keras ataupun perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.

Jenis-jenis jaringan komputer ada bermacam-macam diantaranya yaitu LAN (Local Area Network). LAN merupakan jaringan dalam suatu lingkup yang relatif kecil dalam suatu lingkungan misalkan dalam sebuah Gedung.

Membangun sebuah LAN :
Untuk membangun sebuah LAN diperlukan suatu peralatan yang disebut dengan switch.
Switch digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut untuk membentuk jaringan LAN. Switch akan mencatat dan mengarahkan suatu data atau file yang akan dikirim menuju tujuan. Setiap alat pada LAN tersebut masing-masing mempunyai alamat IP, dengan alamat IP itulah switch mengetahui kemana tujuan pengiriman tersebut. Berikut ini gambar ilustrasi LAN :







Image by Google

Berikutnya jenis jaringan ada yang disebut dengan WAN
Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang ruang lingkupnya luas secara Geografik, berbeda dengan LAN yang ruang lingkupnya tidak begitu luas. WAN terdiri dari dua LAN atau lebih. Dalam WAN ada yang disebut dengan router yang berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch karena switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk LAN. Di situs wikipedia router diibaratkan penghubung suatu jalan kejalan yang lainnya dan LAN ibarat suatu komplek perumahan yang mempunyai jalan kecil untuk menuju jalan utama (besar), jalan kecil tersebut merupakan perumpamaan switch dan untuk menuju jalan utama maka setelah melalui switch tersebut harus melalui router yang berfungsi sebagai penghubung.
Pada router ada sebuah proses yang disebut dengan routing yang merupakan proses pemilihan jalur untuk mengirimkan paket data sesuai dengan tujuan pengiriman paket data tersebut.

Perbedaan Manageble Switch, Switch dan Hub
Manageble switch fungsinya sama dengan switch biasa namun ada kelebihannya dibanding dengan switch biasa, perbedaan yang paling mendasar antara manageble switch dan switch biasa yaitu pada manageble switch seperti pada sebutannya yaitu bisa di manage (setting) sedang switch biasa biasanya hanya langsung pakai saja ( Langsung tancap ) dan tidak terlalu dipusingkan dengan setting lainnya, sehingga dengan begitu switch biasa lebih mudah dalam pemasangan dan penggunaannya namun disamping itu switch biasa mempunyai kekurangan salah satunya yaitu apabila terjadi terjadi masalah dengan jaringan maka tidak bisa melakukan troubleshooting dengan mudah karena memang switch tersebut tidak bisa diapa-apakan.

Perbedaan Hub dengan switch :
Sebenarnya fungsi kedua alat ini sama yaitu untuk menghubungkan beberapa alat atau komputer untuk membentuk LAN namun ada perbedaan yaitu dalam prosesnya.
Dengan menggunakan Hub, ketika mengirimkan paket data melalui salah satu port pada hub maka pengiriman paket data tersebut akan terlihat dan terkirim kesemua port lainnya dan jika pada saat bersamaan jika pada jalur yang akan dilalui sedang ada pengiriman yang lain maka kemungkinan akan terjadi collision atau tabrakan, berbeda dengan switch, switch pada saat pengiriman data mengikuti MAC address pada Network Interface Card (NIC) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket data tersebut akan diterima dan tidak mengirimkannya kepada semua port melainkan hanya kepada port yang dituju.


Referensi : http://aadfirephoex.blogspot.com , wikipedia, http://echa-ciliek.blogspot.com,
Mas anto (http://mas-anto.com/esinaukoe)


1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung, silahkan kasih komentar...